Pages Navigation Menu

Perkuat Skill Bahasa Inggris, Mahasiswa Ikuti Pelatihan

Perkuat Skill Bahasa Inggris, Mahasiswa Ikuti Pelatihan

kemahasiswaan.unri.ac.id – Institusi pendidikan tingkat universitas pada dasarnya merupakan sarana pengembangan kemampuan dengan diberikannya ilmu di perkuliahan. Kemampuan yang sering disebut hardskill tersebut selanjutnya dirangkum dalam nilai akhir setiap semesternya sebagai tugas setiap mahasiswa. Lebih jauh dari hal tersebut, Pemerintah Provinsi Riau juga menuntut putra-putri Riau penerima beasiswanya untuk memiliki kualifikasi dan kemampuan atau skill sebelum lulus.

Melalui Kemahasiswaan  Universitas Riau (UR), digelar Pelatihan Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris bagi mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi Bhakti Negeri dan Beasiswa Tamatan SLTA FKIP UR Tahun 2016. Acara yang berlangsung tanggal 30 dan 31 Januari 2017 di Aula Rektorat ini, disambut antusias oleh lebih kurang 200 mahasiswa yang hadir.

Program peningkatan mutu akademik ini dijelaskan oleh Ir Syaifuddin MSi selaku Koordinator Beasiswa UR guna menciptakan kemandirian dengan langsung mengaplikasikan ilmu yang didapat.

“Untuk mencapai target ini, mahasiswa tidak dapat hanya dibekali hardskill yang diperolehnya dalam proses perkuliahan, tapi juga diharapkan memilki softskill. Terlebih saat lulus dan bekerja secara penuh, kemampuan berkomunikasi, menghadapi dan bekerjasama dengan orang serta hal lain merupakan kemampuan-kemampuan yang juga perlu didukung selama perkuliahan. Salah satunya dengan diadakannya pelatihan peningkatan kemampuan bahasa inggris ini,” ujar Syaifuddin dalam sambutannya.

Disampaikan oleh Dr Afrianto MEd salah satu trainer, berbahasa inggris itu mudah, intinya jangan takut salah.

Leadership is about persuasion, persentation and people skills,” tuturnya.

Selain materi self introduction, job interview dan presentation skill bersama Dr Afrianto, mahasiswa juga dibekali practice presentation, aplication letter, creating professional resume dan practice writing oleh trainer UPT Bahasa UR sekaligus dosen FKIP Bahasa Inggris UR.

IMG_1372

“Menulislah dengan hati, hati dan pikiran. Insyaallah tujuan kita akan sampai,” ucap Maria Safriyanti pada sesi Creating Professional Resume.

Perkembangan era globalisasi memacu kita untuk berkemampuan bahasa Inggris. Karena peranan studi bahasa asing amat penting dan menjadi kunci suatu keilmuan dan studi sosial-budaya.

“Saya bersyukur bisa mengikuti  pelatihan softskill bahasa inggris ini, meskipun dihari libur, tapi ilmu yang didapat tidak sia-sia dan bermanfaat untuk pengembangan ilmu kami dimasa depan. Dan pemateri yang dihadirkan juga sesuai bidang masing-masing,” ungkap Melisa salah seorang penerima Beasiswa Tamatan SLTA FKIP. (dj)

IMG_1432