Pages Navigation Menu

8 Tim PKM UR Jalani Pembinaan Jelang PIMNAS 2017

8 Tim PKM UR Jalani Pembinaan Jelang PIMNAS 2017

kemahasiswaan.unri.ac.id – Kemajuan pendidikan tinggi di Indonesia tidak hanya terukur dari kualitas mahasiswa secara akademik, namun diupayakan untuk membentuk pribadi mahasiswa yang utuh dan inovatif. Salah satunya adalah dengan mewadahinya dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), yang ikut masuk ke dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) setiap tahunnya.

Di tahun 2017, sebanyak 92 kelompok PKM Universitas Riau (UR) memperoleh dana hibah Dikti dan 8 tim diantaranya, dinyatakan lolos melaju ke PIMNAS ke-30 yang akan diselenggarakan di Universitas Muslim Indonesia, Makassar pada 23-28 Agustus 2017 mendatang.

Koordinator PKM Universitas Riau Ns Ari Pristiana Dewi MKep, menyampaikan bahwa prestasi tersebut tidak lepas dari usaha dan kerja keras yang dilakukan oleh segenap keluarga besar UR, mulai dari mahasiswa, dosen pendamping, penanggungjawab PKM Fakultas, hingga dukungan pihak universitas.

“Tahun ini 92 tim PKM UR mendapatkan dana hibah Dikti dan mendapatkan bimbingan dan pembinaan secara intensif, bersyukur sekali 8 diantaranya lolos ke PIMNAS,” ungkapnya.

Pristi menyebutkan pada PKM tahun 2017 ini UR mengirimkan sebanyak lebih kurang 1100 proposal. Dari jumlah tersebut, 92 proposal berhasil memperoleh dana hibah pelaksanaan program dari Kemenristekdikti. Selanjutnya setelah melalui seleksi dan monitoring serta evaluasi, sebanyak 8 tim PKM UR dinyatakan layak untuk beradu di PIMNAS 2017.

Adapun ke-8 tim PKM UR yang berhasil lolos ke PIMNAS ke-30 adalah 5 tim PKM Penelitian (PKM P), 1 tim PKM Penelitian Sosial Humaniora (PKM PSH), 1 tim PKM Pengabdian Masyarakat (PKM M), dan 1 tim PKM Kewirausahaan (PKM K).

  Sebelum diberangkatkan ke Makassar, UR terus mempersiapkan mahasiswanya dengan memberikan tambahan pembekalan dan pelatihan baik soft skill ataupun hard skill. Kontingen UR diberikan pembekalan dan pelatihan intensif mulai 4-16 Agustus.

Pembekalan yang dijalani diantaranya evaluasi laporan akhir, artikel dan slide presentasi, pembinaan simulasi presentasi yang baik,  pembuatan poster dan presentasi display produk hingga training motivasi untuk kontingen yang akan berangkat.

“Semua kita adalah pemenang, dan harus memiliki mental pemenang. Ingat 3 kunci utama keberhasilan presentasi. Kuasai konten, kuasai diri dan kuasa audiens. InsyaAllah, kita akan optimis menampilkan yang terbaik,” tutur Mas’ud Tahidin CEO Trust Co Pekanbaru dalam training motivasinya.

Senada dengan hal tersebut, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr Syapsan ME mengharapkan hasil yang optimal untuk TIM PKM UR.

“Persiapan kita lakukan sebaik mungkin dan semoga bisa pulang membawa medali di PIMNAS ke-30 ini,” harapnya.

PIMNAS ke-30 kali ini akan diikuti oleh 420 tim dari 89 perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia. Dengan jumlah peserta lebih dari 3.000 orang baik mahasiswa maupun pendamping.