Pages Navigation Menu

92 Tim PKM Universitas Riau Ikuti Monev Ekternal Dikti

92 Tim PKM Universitas Riau Ikuti Monev Ekternal Dikti

kemahasiswaan.unri.ac.id – Universitas Riau (UR) menjadi tuan rumah kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang yang lolos didanai Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) tahun 2017.  Monev yang berlangsung pada 12-13 Juli, diikuti sebanyak 12 perguruan tinggi. UR dengan 92 judul PKM, Universitas Pasir Pangaraian 3 judul, Universitas Muhammadiyah Riau 4 judul, Universitas Lancang Kuning 2 judul, Universitas Islam Riau 1 judul, Universitas Abdurab 3 judul, STIK Pahlawan Tuanku Tanbusai 1 judul, Sekolah Tinggi Teknologi Pekanbaru 1 judul, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah 1 judul, Politeknik Negeri Bengkalis 8 judul, Politeknik Caltex 1 judul, dan Akademi Analisis Kesehatan Pekanbaru 1 judul.

  Rektor Universitas Riau Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA yang berkesempatan hadir, membuka acara.

“Sebagai pimpinan, kami sangat memberikan apresiasi kepada mahasiswa UR karena adanya peningkatan jumlah pengajuan judul proposal yang lulus didanai oleh Kemenristekdikti. Tahun sebelumnya, UR mengirimkan sebanyak 52 judul, dan alhamdulillah pada tahun 2017 ini, UR mengirimkan sebanyak 92 judul karya ilmiah. Ini adalah prestasi yang perlu bersama-sama kita apresiasi. Semoga karya yang telah dibuat mahasiswa ini dapat bermanfaat bagi masyarakat luas nantinya,” ujarnya.

Selain itu, Aras berharap semoga karya yang telah dihasilkan oleh mahasiswa ini dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan bermanfaat pula bagi orang lain.

“Ada baiknya karya ilmiah yang telah dihasilkan oleh mahasiswa ini kedepannya bisa didaftarkan ke Hak Atas Kekeyaan Intelektual (HAKI). Karya ilmiah ini ada yang bersifat penemuan, sehingga mahasiswa yang menemukan karya ini perlu mendapatkan kekuatan hukum atas karya yang telah dibuatnya,” tambahnya.

Pada kegiatan monitoring dan evaluasi, UR akan dimonitoring dan dievaluasi oleh pihak eksternal yang dilakukan Direktorat Kemahasiswaan Kemenristekdikti. Bertindak sebagai Reviewer Ekternal Dr Med dr Indwiani Astuti dari Universitas Gajah Mada dan Dr Usman Ahmad M Agr dari Institut Pertanian Bogor. Sedangkan Reviewer Internal yang berasal dari Universitas Riau Prof Zuchra Helwani, M Si PhD dan Dr Roza Linda MSi.

   Monev berlangsung dua hari dengan dua ruang terpisah yaitu di Aula Rektorat Lantai 4 dan Auditorium FMIPA UR.

Program PKM  merupakan penerus dari Program Karya Alternatif Mahasiswa yang dibentuk pada tahun 1997, yang lalu berganti menjadi Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2001 demi memperluas cakupan dan mengurangi batasan bagi mahasiswa dalam berkreasi. Pada awalnya, PKM memiliki lima sub program, yaitu PKM-Penelitian (PKMP), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) dan PKM-Penulisan Artikel Ilmiah (PKM-I). Finalis terbaik dari masing-masing PKM akan dilombakan diajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr Syapsan ME saat ditemui menyampaikan lulusan perguruan tinggi dituntut memiliki academic knowledge, skill of thinking, management skill dan communication skill. Salah satu program untuk mencapai level tersebut adalah dengan mengikuti PKM.

    Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas. (dj)