Pages Navigation Menu

Kemenristekdikti Permudah Sistem Pendaftaran SNMPTN-SBMPTN 2017

Kemenristekdikti Permudah Sistem Pendaftaran SNMPTN-SBMPTN 2017

kemahasiswaan.unri.ac.id, Belmawa – Berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri bergengsi merupakan cita-cita hampir semua siswa yang telah menduduki tahun terakhir Sekolah Menengah Atas. Ada beberapa siswa yang sejak awal menduduki bangku kelas 12 telah mengikuti bimbingan belajar intensif untuk persiapan mendaftar kuliah, ada pula beberapa yang secara khusus mengikuti kelas persiapan ujian masuk perkuliahan beberapa bulan sebelum pendaftaran dibuka. Segala upaya dilakukan agar dapat mencantumkan nama mereka sebagai mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri.

Sayangnya, tidak semua memiliki kesempatan untuk mendaftar, terutama di daerah-daerah dengan keterbatasan akses. Namun, tahun 2017 dibuka dengan kabar gembira bahwa kini siswa dari seluruh pelosok Indonesia dapat mendaftar ke Perguruan Tinggi Negeri favorit dengan mudah.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi M. Nasir dalam sambutannya pada acara peluncuran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 yang diadakan siang tadi (13/1) di Auditorium Gedung D Ristekdikti, Senayan.

“Panitia Pusat bekerja sama dengan beberapa mitra untuk memberikan kemudahan bagi seluruh calon mahasiswa. Kami bekerja sama dengan PT. Telkom, Tbk untuk memberikan jaminan bagi siswa yang berasal dari daerah dengan keterbatasan akses, terutama daerah 3T, dengan membantu proses pendaftaran online. Kami juga bekerja sama dengan beberapa bank, seperti BNI, Mandiri, dan tahun ini bertambah satu mitra lagi yaitu Bank BTN, yang memberikan kemudahan fasilitas dalam pendaftaran terutama dalam hal pembiayaan,” ujarnya.

Acara tersebut dibuka oleh Rektor Universitas Sebelas Maret, Ravik Karsidi, sebagai Ketua Panitia Pusat SNMPTN-SBMPTN 2017 dengan menyampaikan laporan peluncuran SNMPTN-SBMPTN 2017. Dalam sambutannya, Ravik menyampaikan ucapan terima kasih terhadap dukungan Kemristekdikti yang sangat penting bagi kelancaran dan kesuksesan ke depan pelaksanaan seleksi penerimaan mahasiswa baru jenjang sarjana di perguruan tinggi negeri, khususnya dan umumnya bagi kemajuan pendidikan tinggi di Indonesia.

“SNMPTN dan SBMPTN dilaksanakan bersamaan, agar sosialisasi PTN atau penerimaan ini khususnya di daerah 3T dapat dilakukan secara cepat, tepat, dan simultan. Selain itu juga diharapkan dapat dicapai tingkat efisiensi yang semakin tinggi yang juga menjadi perhatian penyelenggaraan pemerintahan Indonesia saat ini,” tegas Ravik.

Menristekdikti M. Nasir menambahkan bahwa dengan segala fasilitas yang disediakan oleh Panitia Pusat ini, diharapkan seluruh siswa dapat mendaftar seleksi masuk perguruan tinggi yang mereka inginkan secara mudah. “Penerimaan mahasiswa baru sebaiknya borderless, yaitu dapat menjangkau baik kota maupun desa, sehingga mahasiswa dapat melakukan pendaftaran secara online dan dapat melakukan pembayaran dengan multi-channel di bank-bank mitra,” tegas Nasir.

Universitas Riau kembali menjadi bagian sebagai PTN dan Panlok SNMPTN-SBMPTN 2017. Bagi mahasiswa calon mahasiswa dapat membuka laman : http://www.unri.ac.id (belmawa/Dj)