Pages Navigation Menu

Kerja Kita, Prestasi Bangsa di Peringatan HUT RI Ke 73

Kerja Kita, Prestasi Bangsa di Peringatan HUT RI Ke 73

Kemahasiswaan.unri.ac.id – Universitas Riau (Unri) turut andil dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 73.  Dalam suasana khidmat diguyuran hujan, Rektor Universitas Riau Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, memimpin langsung upacara  yang berlangsung di lapangan terbuka depan kampus Fakultas Pertanian, Jum’at pagi,

“Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ini, marilah kita terus bekerja untuk membangun riset, teknologi, dan pendidikan tinggi serta menorehkan prestasi-prestasi yang membanggakan untuk memperkuat rasa bangga dan keyakinan kita pada Indonesia. Teruslah bekerja, teruslah berinovasi, teruslah berprestasi. Inilah “Kerja Kita, Prestasi Bangsa,” ujar Rektor saat membacakan Sambutan Menristekdikti pada Peringatan HUT RI ke-73.

  Dalam sambutanya Rektor menambahkan, Indonesia saat ini banyak dipuji karena stabilitas politiknya, perkembangan ekonominya yang sehat serta prestasi-prestasi yang dicapainya untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik. “Kita semua juga merasa bangga akan prestasi cemerlang pemuda-pemudi Indonesia di berbagai ajang kompetisi internasional di pelbagai bidang,” ujarnya.

Prestasi membanggakan juga diraih mahasiswa-mahasiswa Unri di berbagai ajang kompetisi internasional dan nasional di berbagai bidang. Kurun waktu bulan Januari hingga Juli 2018, mahasiswa mahasiswi terbaik Unri mampu meraih emas, perak, hingga perunggu untuk mengharumkan nama kampus dengan berbagai karya dan inovasi. Hal ini sungguh mengagumkan dan memperkuat keyakinan kita akan kekuatan intelektual dan kreativitas mahasiswa dan mahasiswi Unri.

  “Selaku pimpinan Universitas saya mengucapkan selamat atas keberhasilan ananda, serta ucapan terimakasih yang sebesar-besar kepada seluruh pihak yang telah mendukung di mahasiswa bersangkutan untuk dapat meningkatkan kemampuan untuk menekuni bidang yang digelutinya,” tambah Rektor.

Masih dalam rangkaian upacara, juga dilaksanakan prosesi penyerahan reward kepada sejumlah mahasiswa Unri yang berprestasi dibeberapa bidang sains, penilitian, karya tulis, unit kegiatan mahasiswa, baik event skala nasional maupun internasional. Ada 22 penghargaan mahasiswa Unri yang berhasil  diraih baik skala nasianal maupun internasional.

  “Kita di Unri yang bergerak optimal sesuai dengan tugasnya masing-masing. Sehingga dengan kondisi demikian, diharapkan mampu memberikan fasilitas dalam bentuk pelayanan bagi mahasiswa yang memliki potensi maupun pengasahan bakat alami yang dimiliki oleh mahasiswa Unri,” jelas Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr Syapsan ME.

Pada rangkaian upacara, juga dilaksanakan penyematan dan penyerahan sertifikat Satyalencana Karya Satya Pegawai Negeri Sipil yang telah bertugas selama 30, 20, dan 10 tahun di Unri. Selain itu juga dilaksanakan penyerahan reward kepada pogram studi akreditasi A, dan penyerahan penghargaan kepada Tenaga pendidik dan kependidikan, pustakawan, laboran.

Berterpatan dengan Upacara 17 Agustus, Unri juga melakukan serah terima mahasiswa baru dari pihak Univeristas ke Fakultas. Sebanyak 6.151 orang mahasiswa resmi tercatat sebagai mahasiswa baru angkatan 2018, dengan rincian 952 orang mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), 1186 orang mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), 567 orang mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), 897 orang mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), 492 orang mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK), 502 orang mahasiswa Fakultas Pertanian (FP), 979 orang mahasiswa Fakultas Teknik (FT), 140 orang mahasiswa pada Fakultas Kedokteran (FK), 232 orang mahasiswa pada Fakultas Hukum (FH), serta 204 orang mahasiswa pada Fakultas Keperawatan (FKP). (Humas/Kemahasiswaan Unri)