Pages Navigation Menu

Lolos Didanai KBMI, NCare Solusi Layanan Kesehatan Masyarakat

Lolos Didanai KBMI, NCare Solusi Layanan Kesehatan Masyarakat

kemahasiswaan.unri.ac.id, Pekanbaru –  Menjadi salah satu yang lolos didanai untuk program Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Nursing Care (NCare) menjadi salah satu solusi layanan kesehatan masyarakat. 

NCare merupakan Homecare yang dilakukan secara mobile dari satu wilayah ke wilayah lain dengan mengutamakan masyarakat Daerah Aliran Sungai (DAS) mulai dari ibu hamil, bayi, dewasa, hingga lansia. Minggu (12/08), Menyambut Hari Teknologi Nasional (Harteknas) NCare kembali melaksanakan kegiatan layanan kesehatan yang telah berlangsung sejak 2017 setiap minggunya di Car Free Day (CFD) kota Pekanbaru. Untuk meningkatkan promosi NCare dimasyarakat, tim NCare melakukan layanan kesehatan di berbagai tempat keramaian yang banyak didatangi masyarakat, salah satunya CFD.

Sejak mendapatkan hibah, NCare mengembangkan promosi ke berbagai wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) khususnya Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar.

“NCare merupakan program Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) yang lolos didanai Kemristekdikti tahun 2018 dan dikelola oleh mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Riau yaitu Anifa fudhla, Retno ayu widiyastuti, dan Syahrul ramadhan,” Silvia, Lulusan Fakultas Keperawatan Universitas Riau (Unri), salah satu Pembina NCare.

Diakui Silvia, NCare merupakan usaha mahasiswa keperawatan Unri pertama yang lolos didanai dan belum ada usaha serupa di Kota Pekanbaru.

Didampingi oleh Dosen Bidang Keperawatan Komunitas, Ns Ari Pristiana Dewi, M. Kep serta bekerjasama dengan tim alumni sebagai perawat profesional NCare bergerak dibidang layanan dan jasa.

“Dengan adanya hibah Dikti ini, layanan NCare menjadi lebih lengkap fasilitas dan layanannya sehingga meningkatkan jumlah pengunjung,” tambah Silvia.

  Jenis pelayanan kesehatan yang ditawarkan yaitu pemeriksaan laboratorium sederhana, konsultasi kesehatan, dan layanan homecare secara visite dan pershift.  NCare sebagai Mobile Care. Dengan harga merakyat, NCare mampu menarik minat masyarakat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.

Hal ini dibuktikan dengan antusiasme masyarakat untuk bertanya tentang paket hemat dan paket komplit yang ada dibrosur, serta layanan kesehatan lainnya yang terdapat di brosur dan banner. Selain itu, masyarakat meminta agar kegiatan NCare dilakukan setiap hari minggu dan tim NCare bersedia hadir dalam kegiatan yang diadakan dikompleks rumah masyarakat. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan promosi NCare dimasyarakat.