Pages Navigation Menu

Mahasiswa Berprestasi, Pemicu Prestasi dan Penghasil Karya Inovatif

Mahasiswa Berprestasi, Pemicu Prestasi dan Penghasil Karya Inovatif

kemahasiswaan.unri.ac.id –  Universitas Riau kembali menggelar Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) untuk tahun 2018. Pilmapres merupakan  kegiatan tahunan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) bekerjasama dengan perguruan tinggi. Tujuan dari penyelenggaraannya guna memilih dan memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang meraih prestasi tinggi.

  Firman Edy (FEB, 2015) berhasil menyisihkan kesembilan finalis lainnya  dari program Sarjana dan terpilih sebagai Mapres Utama Universitas Riau (Unri) 2018.  Disusul dengan Mukhlis Ibrahim (Faperta, 2016) di Peringkat II dan Dhewa Triguna (FK, 2015). Sedangkan Mapres untuk program Diploma diraih oleh Iza Ainani (FMIPA, 2017).

Disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr Syapsan ME pemilihan Mahasiswa Berprestasi memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler sebagai wahana menyinergikan hard skills dan soft skills nya.

  Dalam kesempatannya, Syapsan mengatakan agar kegiatan Mahasiswa Berprestasi menjadi pemicu seluruh mahasiswa untuk terus berlomba-lomba dalam mengejar prestasi diberbagai bidang ilmunya, serta akan terus berupaya menjadi mahasiswa yang aktif diberbagai kegiatan kemahasiswaan dan dapat menghasilkan karya yang inovatif.

Senada dengan hal tersebut, Dr Yuana Nurulita dari Tim Juri mengungkapkan kegiatan Kemenristekdikti mendorong perguruan tinggi untuk mengembangkan iklim kehidupan kampus yang dapat memfasilitasi mahasiswa mencapai prestasi yang membanggakan secara berkesinambungan salah satunya dengan Pilmapres.

  “Penyelenggaran Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Universitas Riau tahun 2018 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana 34 peserta terdaftar dari perwakilan masing-masing fakultas, hanya 10 diantaranya terpilih sebagai Finalis Program Sarjana dan 2 finalis dari program Diploma. Seleksi ini berdasarkan berkas prestasi mahasiswa yang diunggulkan. Pemilihan ini guna menemukan finalis-finalis terbaik tidak hanya dari segi kuantitas juga kualitas,” tambah juri yang akrab disapa nana ini.

   Pilmapres 2018 menghadirkan juri-juri berkompeten dibidangnya, Prof  Tintania T Nugroh0 PhD (FMIPA), Dr Afrianto MEd (FKIP), Dr Monita Olivia ST MSc (Teknik), Dr Yuana Nurulita (FMIPA), Dr. Ando Fahda Aulia (FEB), Dr  Febri Yuliani MSi (FISIP) dan M Rokhim SSi (FMIPA).

  Pilmapres secara  tidak langsung dapat mengangkat martabat mahasiswa dan perguruan tingginya. Selain itu, memberikan dampak positif pada budaya berprestasi dan menghargai prestasi dikalangan mahasiswa, hal ini disampaikan oleh Dr Maryati Bakhtiar selaku Koordinator Kegiatan Pilmapres Unri 2018 dalam sambutannya.

“Kepada pemenang semoga ini hasil yang terbaik, dan bisa membawa serta mengharumkan nama Universitas Riau ditingkat nasional nantinya. Seperti yang kita targetkan mampu menjadi finalis Mahasiswa Berprestasi Nasional 2018”

   Selain terpilih 3 (tiga) pemenang, penganugerahan Mapres  yang berlangsung di Aula Rektorat Universitas Riau (27/3)  juga diberikan kepada Kategori Presentasi Bahasa Asing Terbaik Michiko J. Frizdew (FISIP, 2015) dan Kategori Terfavorit pilihan Sosial Media dan suporter terbanyak dimenangkan Agung Prabowo (FT, 2015).

Selanjutnya pemenang Mapres Utama Universitas Riau akan menjalani pembinaan jelang pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional tahun 2018. (dj)

  

Selamat Kepada Pemenang !!

Berikut Daftar Nama dan Urutan Pemenang Mapres Tingkat Universitas Riau Tahun 2018:

Program Sarjana :

  1. Firman Edy (FEB, 2015)
  2. Mukhlis Ibrahim (Faperta, 2016)
  3. Dhewa Triguna (FK, 2015)
  4. Mahmudin (Faperta, 2015)
  5. Miguel Felix Wijaya (FT, 2015)
  6.  Michiko J. Frizdew (FISIP, 2015)
  7. Agung Prabowo (FT, 2015)
  8. Muhammad Zuber Fiqh (FEB, 2016)
  9. Eryc Pranata (FPK, 2015)
  10. Alfin Julian Nanda (FH, 2016)

Program Diploma :

  1. Iza Ainani (FMIPA, 2017)
  2. Devi Putri (FT, 2016)