Pages Navigation Menu

Menuju PKM 2017 Berkualitas, UR Gelar Sosialisasi Dan TOT Reviewer Internal

Menuju PKM 2017 Berkualitas, UR Gelar Sosialisasi Dan TOT Reviewer Internal

kemahasiswaan.unri.ac.id –  Sebagai kampus yang menjadi lahan mencetak dan mengasah bibit unggul dalam ilmu pengetahuan dan juga mampu menghasilkan para intelektual yang terampil, kreatif serta memiliki daya saing yang baik, Universitas Riau (UR) melalui bidang kemahasiswaan terus mendukung kreatifitas mahasiswaan dalam mencetak prestasi dengan memberi ruang yang lebih luas sebagai wadah mahasiswa untuk berkreasi dan berinovasi.


Salah satu bentuk dukungan pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) UR yang tahun ke tahunnya semakin menunjukkan peningkatan.

 

Serangkaian kegiatan menuju PKM UR berkualitas diselenggarakan diantaranya, Sosialisasi PKM 5 Bidang yang berlangsung Jum’at (06/10) dan Training of Trainer (ToT) Reviewer Internal (7/10) yang diikuti oleh Koordinator PKM UR, Penanggungjawab PKM Fakultas dan Rekomendasi Dosen Reviewer dari masing-masing fakultas.

  Dalam sambutannya di acara Sosialisasi PKM 5 Bidang, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr Syapsan ME menyampaikan rasa terima kasihnya atas kontribusi semua pihak terhadap keberhasilan PKM UR.

“Diajang PIMNAS tahun 2017, UR berhasil meraih juara di 2 kategori yaitu Juara 3 Poster Terbaik dan Juara 3 Presentasi Terbaik, keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras bersama. Atas nama Universitas Riau kami ucapkan terima kasih atas kontribusi bapak ibu untuk PKM, mari bersama kita sukseskan kembali menuju PKM UR berkualitas ditahun 2017,” tutur Syapsan.

  Pada Sosialisasi PKM 5 Bidang, UR menghadirkan Reviewer PKM Nasional sekaligus Juri PIMNAS 2017, Dr dr Indwiani Astuti MEd dari Universitas Gajah Mada.

Dalam pemaparannya, Ani beliau kerap disapa, menjelaskan terkait State of the Art PKM Strategi Pembimbingan PKM dan PIMNAS,

  “Konsep dasar PKM dilihat dari kreativitas dan inovasi yang berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Kunci utama PKM adalah Kreativitas dimana memikirkan sesuatu yang berbeda,” jelas Ani yang aktif sebagai Pembina Kreativitas Mahasiswa UGM ini.

Untuk TOT Reviewer Internal, hadir sebagai narasumber Prof Dr Sundani Nurono Soewandhi Apt dari Institut Teknologi Bandung yang merupakan Tim Pakar PKM sekaligus Juri Pimnas 2017.

  Diakhir materinya, Sundani berpesan bahwa sikap yang harus dimiliki seorang Reviewer melakukan tanpa kompromi, berbasis pada nalar dan logika.

Dr Sumarno MPd MSi, salah satu dosen FKIP yang mengikuti ToT, mengungkap pentingnya pemahaman PKM bagi calon reviewer. “Kendala kita selama ini sebagai dosen pembimbing karena kurang paham akan PKM 5 Bidang sehingga sulit untuk mereview. Lewat ToT ini memudahkan lagi kerja dosen dan reviwer nantinya,” ujar Sumarno.

TOT diakhiri dengan mereview proposal per bidang oleh masing-masing reviewer internal dengan harapan para calon reviewer  memiliki kemampuan menganalisa kualitas PKM mahasiswa dan sebagai filter pertama proposal PKM sebelum diupload. (dj)