img_0820

Menwa UR Jadi Tuan Rumah Pekan Integrasi Nasional YMC 2016

kemahasiswaan.unri.ac.id – Resimen Mahasiswa (Menwa) Indonesia kembali menggelar agenda dua tahunannya yaitu Pekan Integrasi Nasional Yudha Manunggal Chakti  (YMC).  Tahun 2016, Menwa Universitas Riau (UR) didapuk sebagai tuan rumah. Acara berlangsung 12-16 Desember 2016 yang diikuti 14 grup Resimen Mahasiswa Indonesia dari berbagai perguruan tinggi se-Indonesia.

Danul Risyandi,  Komandan Menwa Batalyon 041 Indra Buana, Universitas Riau menjelaskan, Pekan Integrasi Nasional YMC 2016 memperlombakan empat kategori  yaitu lomba menembak yang dilaksanakan di Batalyon Komando 462 Paskhas, lomba Halang Rintang, lomba Essai Bela Negara dan lomba Napak Tilas jejak pahlawan Sultan Syarif Kasim di Kabupaten Siak Sri Indrapura.

Upacara pembukaan Pekan Integrasi Nasional YMC 2016 dibuka langsung oleh Rektor Universitas Riau (UR), Prof. Dr. Ir. Aras Mulyadi DEA, yang betindak selaku Pembina upacara.

“Kegiatan upacara ini merupakan kegiatan untuk menyempurnakan pengabdian ilmu pengetahuan dan ilmu olah keprajuritan. Pada tahun ini Pekan Integrasi Nasional Yudha Manunggal Chakti diselenggarakan di bumi lancang kuning yang menjadi tuan rumah, Universitas Riau melalui Menwa Indra Pahlawan Riau Batalyon 041 Indra Buana Universitas Riau (UR) sebagai penyelenggaranya,” ujar Aras.

YMC Riau b

“Saya berharap, pada kegiatan ini Menwa UR dapat menjadikan momentum ini sebagai langkah untuk meningkatkan jiwa bela Negara, Patriotisme dan Nasionalisme, kemudian di dalam berkompetisi nantinya dapat menempatkan menang dan kalah adalah suatu hal yang wajar. Maka dari itu, diharapkan kepada setiap peserta menjadikan perlombaan ini sebagai ajang persaudaraan,” tegas Aras.

Pada kesempatan yang sama juga digelar Seminar Kebangsaan dengan tema “Revolusi mental pemuda Indonesia dalam ketahanan negara” dengan pemateri oleh Panglima Kodam I Bukit Barisan, Mayjen TNI Lodewyk Pusung dan Kasubdit Minat dan Bakat Organisasi Kemahasiswaan Kemristekdikti Asep Supanda

img_0871

“YMC ini merupakan ajang perlombaan sekaligus ajang silaturrahim antara Resimen Mahasiswa se-Indonesia yang penyelenggaraannya rutin diadakan sekali dalam dua tahun”, ujar Danul Ketua UKM Resimen Mahasiswa UR ini.

Kegiatan yang berlangsung lima hari ini, ditutup oleh Prof. Dr. Ir. Thamrin, M.Sc Wakil Rektor Bidang Akademik. Dalam kata sambutannya, Thamrin menegaskan Resimen Mahasiswa dalam kapasitasnya mempunyai nilai plus dalam lingkungannya, namun tidak berbeda kualitasnya dengan mahasiswa lainnya. Hal ini didasari karena Menwa memiliki tujuan membangun persada Nusantara demi Ibu Pertiwi yang kita cintai.

Menwa Batalyon XI/ UPI berhasil meraih Juara Umum YMC 2016 Riau, dengan perolehan kemenangan : Juara 1 lomba Menembak, Juara 1 Halang Rintang dan Juara 3 Essai Bela Negara.