Pages Navigation Menu

Pastikan Bidikmisi Tepat Sasaran, UR Lakukan Survey Lapangan

Pastikan Bidikmisi Tepat Sasaran, UR Lakukan Survey Lapangan

kemahasiswaan.unri.ac.id, Riau -Universitas Riau (UR) memastikan penerima beasiswa Bidikmisi tak salah sasaran. Guna memverifikasi data mahasiswa calon penerima Beasiswa Bidikmisi, UR melalui Bidang Kemahasiswaan mengadakan survey lapangan, melihat langsung keadaan dan menilai layak-tidaknya penerima beasiswa Bidikmisi. Survey dilaksanakan di beberapa wilayah Provinsi Riau, Sumatra Barat, Sumatra Utara dan Kepulauan Riau dari tanggal 05 hingga 20 Agustus 2017.

Ir Syaifudin MSi, Koordinator Beasiswa UR memastikan beasiswa full study yang dikucurkan oleh kemenristekdikti itu tak salah sasaran. Sebab, beasiswa yang mulai diluncurkan 2010 lalu ini hanya diperuntukkan bagi mereka yang berprestasi namun berasal dari keluarga tak mampu secara ekonomi. Penerimanya terbebas dari segala biaya selama empat tahun kuliah dan memperoleh biaya hidup Rp 600 ribu per bulan.

Ia menyampaikan, penerima bantuan pendidikan Bidikmisi harus tepat sasaran. Tidak ada lagi siswa SMA yang ingin melanjutkan studi lanjut ke Perguruan Tinggi Negeri terhalang oleh kemiskinan. Karena program Pemerintah melalui Bidikmisi hadir untuk memutus rantai kemiskinan tetapi harus tetap mengedepankan prestasi.

“Jangan sampai Bidikmisi salah sasaran, makanya dibutuhkan tim survei ke lokasi untuk memastikan beasiswa full study yang dikucurkan Kemenristekdikti tidak salah sasaran,” ujar Syaifudin, saat melakukan survei disalah satu rumah mahasiswa calon penerima beasiswa Bidikmisi di daerah Pelalawan Riau, (17/8).

Tim survey terdiri dari 9 (sembilan) rute perjalanan yang dipimpin langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr Syapsan ME. Meskipun menempuh medan yang berat karena pada umumnya mahasiswa peserta program beasiswa Bidik Misi adalah masyarakat miskin yang tinggal di pelosok yang sulit dijangkau, bahkan hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki, namun Tim yang terdiri dari Wakil Rektor, Kepala Biro, Wakil Dekan III Fakultas, Kabag-Kasubag Kemahasiswaan dan staf secara bergantian dengan semangat untuk menyukseskan program ini.

Tim survei Bidikmisi tidak sekadar melakukan verifikasi data di sekolah, melainkan juga blusukan ke rumah dan mengunjungi RT, RW setempat.

Melihat kondisi tersebut, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni berpesan agar calon mahasiswa yang lolos seleksi beasiswa Bidikmisi menjadi mahasiswa yang berprestasi.

“Semoga para penerima Beasiswa Bidikmisi nantinya mampu memanfaatkan kesempatan dengan berprestasi secara akademik maupun prestasi lainnya,” ujarnya, usai melakukan survey lapangan Bidikmisi didaerah Siak, Provinsi Riau. (dj)