Pages Navigation Menu

Peringati Sumpah Pemuda, BUMN Hadir di Kampus

Peringati Sumpah Pemuda, BUMN Hadir di Kampus

kemahasiswaan.unri.ac.id –  Menandai peringatan Hari Sumpah Pemuda, BUMN Hadir di Kampus. Dalam kegiatannya, mahasiswa diberikan pemahaman tentang peran strategis Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam pembangunan ekonomi nasional. Program BUMN Hadir di Kampus berlangsung secara serentak, Sabtu (28/10) di 28 perguruan tinggi di Indonesia, salah satunya Universitas Riau.

Kegiatan yang dikemas dengan kuliah umum dan diskusi ilmiah ini, diharapkan menjadi sarana penghubung antara dunia kampus dan industri dalam hal ini BUMN, yang selama ini dipandang sebagai perusahaan milik negara yang terkesan ekslusif.

  Mengusung tema “Membangun Ekonomi Indonesia Berkeadilan” hadir sebagai narasumber Dirut PT Pelindo 1 Bambang Eka Cahyana dan Dirut Air Nav Indonesia Novie Riyanto.

“Kita ingin memberikan pemahaman kepada civitas akademika tentang kondisi perekonomian nasional dan peran strategis BUMN dalam pembangunan ekonomi nasional. Selain itu, BUMN juga ingin menjalin hubungan yang baik dengan perguruan tinggi sebagai penyedia sumber daya yang profesional,” ungkap Bambang dalam pemamparannya.

Melalui kehadirannya di kampus, BUMN mengajak mahasiswa dan mahasiswi agar bersemangat dan aktif bergiat, berinovasi dan berkreasi, memberikan ide-ide dan energi terbaik bagi bangsa dan negara dengan melibatkan diri di berbagai program yang dimotori oleh BUMN.

Rektor UR, Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada BUMN atas kepercayaannya untuk bersama-sama menyelenggarakan kegiatan ini bersama Universitas Riau. Kegiatan ini diharapkan menjadikan kacamata bagi mahasiswa untuk memandang ke depan, untuk lebih mengenal apa itu BUMN, apa saja yang ada di dalam BUMN, dan apa saja produk-produk yang ada di di dalam BUMN.

“Universitas Riau telah bekerjasama dengan BUMN, kita telah sama sama menandantangani  nota kerjasama dengan beberapa Perusahaan BUMN, baik itu perbankan, perkebunan dan industrial. Kita telah berkomitmen, sebagai pencetak sumber daya manusia yang menghasilkan SDM terlatih dan siap bersaing positif dan dapat bekerja dengan terampil, dan BUMN sangat membuka peluang untuk itu,” ujar Rektor.

Pencapaian-pencapaian tersebut tidak lepas dari peran BUMN sebagai kepanjangan tangan pemerintah untuk mencapai sasaran strategis nasional. BUMN bekerja keras dan bersinergi dengan seluruh lapisan masyarakat untuk percepatan pelaksanaan target yang dicanangkan oleh pemerintah.

   BUMN Hadir di Kampus  diharapkan dapat menjembatani sinergi BUMN dengan perguruan tinggi yang memiliki resource sumber daya profesional. Dengan demikian nantinya mereka dapat meneruskan peran menjadi pemimpin pemimpin masa depan yang berintegritas, profesional dan berkompeten baik di pemerintahan maupun di BUMN.

Kegiatan yang berlangsung di Aula  Rektorat UR ini, disambut antusias oleh ratusan mahasiswa dan dimeriahkan dengan pembagian hadiah doorprize berupa 10 unit laptop, 10 unit android, sepeda,  uang tunai, souvenir menarik dan sertifikat. (dj)