Pages Navigation Menu

PT Persero Adakan Open Rekrutmen PAKAR

PT Persero Adakan Open Rekrutmen PAKAR

kemahasiswaan.unri.ac.id – PT. Permodalan Nasional Madani (Persero), beralamat di Gedung Arthaloka Jl. Jendral Sudirman Kav. 2 Jakarta Pusat mengadakan rekrutmen Program Pendidikan Calon Kepala Cabang Mekar (PAKAR) yang akan ditempatkan diseluruh Wilayah Indonesia.

   PT. Permodalan Nasional Madani (Persero) memberikan kesempatan kepada para mahasiswa atau Alumni Universitas Riau yang telah memenuhi persyaratan (Terlampir) untuk mengikuti program tersebut.

Untuk penjelasan lebih lanjut dapat menghubungi nomor telepon kantor (021) 251140 ext 2131 atau Saudari Nakita Mutiara (081217366466)

Demikian disampaikan, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Sekilas Mekaar Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera) adalah layanan pemberdayaan berbasis kelompok bagi perempuan pelaku Usaha Mikro, melalui:

  • Peningkatan pengelolaan keuangan untuk mewujudkan cita-cita dan kesejahteraan keluarga;
  • Pembiayaan modal kerja tanpa agunan;
  • Pembiasaan budaya menabung;
  • Kompetensi kewirausahaan dan pengembangan bisnis.
  1. Layanan Mekaar difokuskan kepada perempuan pelaku usaha mikro, kondisi keluarga; Indeks Pendapatan per Kapita maks US$ 1,25 per hari atau Rp 525.000 per bulan; dan memenuhi indeks rumah (Casphor Indeks);
  2. Pembiayaan Mekaar tidak mensyaratkan agunan fisik melainkan bersifat tanggungrenteng kelompok; dengan syarat kedisiplinan mengikuti proses persiapan dan pertemuan mingguan kelompok (PMK);
  3. Satu kelompok minimal terdiri dari 2 sub-kelompok, maksimal 6 sub-kelompok; 1 subkelompok minimal terdiri dari 5 nasabah, maksimal 30 nasabah;
  4. Setiap kelompok/sub-kelompok dipimpin oleh Ketua;
  5. Pertemuan kelompok wajib dilaksanakan setiap minggu dan sekaligus sebagai tempat pembayaran angsuran mingguan
    • Prospek nasabah Mekaar memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam berusaha tetapi kurang termanfaatkan karena akses pembiayaan modal kerja yang sangat terbatas;
    • Keterbatasan akses pembiayaan terutama disebabkan karena kendala formalitas, skala usaha, dan ketiadaan agunan;
    • Sistem kelompok tanggung renteng diharapkan dapat menjembatani gap akses pembiayaan sehingga akan meningkatkan kesempatan kepada nasabah dan keluarganya untuk menjalankan dan mengembangkan usahanya;
    • Penambahan penghasilan usaha akan memungkinkan mereka untuk mulai menabung dan meningkatkan investasi dalam rangka mewujudkan cita-cita dan kesejahteraan keluarganya.
  • Syarat dan ketentuan :
    1. DIII/S1 dari Semua Jurusan, Min. IPK 3.00
    2. Pria/Wanita
    3. Lulusan Tahun 2016
    4. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Indonesia
    5. Mampu mengendarai sepeda motor dan memiliki SIM C
    6. Sudah menyelesaikan pendidikan, dibuktikan dengan SKL (Surat Keterangan Lulus)
    7. Usia tidak lebih 24 tahun pada saat pengajuan lamaran
  • II. Tahapan Proses :
    1. Tabulasi data pelamar
    2. Seleksi awal berdasarkan surat lamaran yang masuk dan menetapkan pelamar yang terpilih
    3. Psikotes
    4. Wawancara oleh Komite SDM Program PCP Mekaar
    5. Pelamar harus mengikuti masa orientasi selama 6 (enam) hari – (TL-Tes Lapangan). Selesai TL dan pelamar menyatakan bersedia untuk melanjutkan proses selanjutnya
    6. Evaluasi hasil tes akhir untuk penerimaan
    7. Apabila pelamar dinyatakan lulus, harus menyerahkan ijazah asli pendidikan terakhir untuk disimpan oleh perusahaan. (setelah ijazah diperoleh dari lembaga pendidikan)
    8. Laporan kepada Manajemen PNM atau User (Mekaar)
  • III. Pembuatan Kontrak (Ikatan Kerja)
    • Kontrak Pertama selama 3 Bulan
      • 1 bulan masa observasi. Sebagai observer pelamar diwajibkan untuk mengikuti AO (Account Officer) untuk bersama-sama melakukan aktifitas harian AO;
      • 2 bulan selanjutnya pelamar sudah harus mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsi AO secara penuh dan telah diberikan target kualitatif dan kuantitatif.
    • Kontrak Kedua selama 12 bulan Adalah kontrak kerja sebagai karyawan MMI dengan masa kerja 12 bulan. Dengan penjelasan sebagai berikut :
      • 6 bulan pertama bertugas sebagai SAO (Senior Account Officer);
      • 6 bulan kedua menjalankan tugas penuh sebagai KC-Trainee (Kepala Cabang – Trainee); setelah dilakukan evaluasi pada akhir bulan ke 6 dan dinyatakan lulus sebagai KC trainee;
      • Peserta yang belum lulus tetap bertugas sebagai SAO;
      • Setiap 3 bulan akan dilakukan evaluasi oleh KC dan atau bersama AM (Area Manajer)