Pages Navigation Menu

Raih Juara 1, Tim Debat Unri Melaju Ke Tingkat Nasional

Raih Juara 1, Tim Debat Unri Melaju Ke Tingkat Nasional

kemahasiswaan.unri.ac.id, Pekanbaru – Pasca dinobatkan sebagai pemenang National University Debating Championship (NUDC) tingkat Kopertis X, Jum’at (06/04), Tim Debat Universitas Riau (Unri) dapat dipastikan melaju ke tingkat nasional. Dalam kegiatan yang berlangsung di Hotel Pangeran Pekanbaru 04 sampai 06 April ini tim Debat Unri berhasil menyabet seluruh nominasi penghargaan sebagai first breaking team dan best speaker

  Tim Debat Unri yang beranggotakan Agung Soegihin (Teknik, 2015), Stephanie Febiola (FISIP, 2016) dan Rama Setyo (Hukum, 2016) mampu menyisihkan 32 Perguruan Tinggi dari 4 Provinsi di Kopertis X yaitu Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau dan Jambi.

Ketiga mahasiswa yang aktif di English Debate Society (EDS) ini mengakui, perjuangan menjadi juara tidaklah mudah. “Kami berkompetisi dari babak eliminasi, quarter final hingga semifinal. Setelah melewati rangkaian seleksi yang panjang, akhirnya tim Debat Unri berhasil lolos melaju di babak final bersama dengan tim dari Poltek Negeri Padang, Politeknik Caltex Riau (PCR) dan UMMY Solok,” ujar Agung.

NUDC dikembangkan sebagai bagian dari peningkatan kemampuan berbahasa inggris dan argumentasi serta menunjukkan kemampuan terbaik mahasiswa dalam berpikir kritis dengan komunikasi lisan. Mahasiswa dituntut mampu menguasai pengetahuan global, menganalisis, membuat judgment, dan meyakinkan publik sehingga ajang tahunan ini menjadi media latihan negosiasi dan argumentasi dalam skala internasional.

Turut hadir selaku Dewan Juri Rachmat Nurcahyo MA dari Universitas Negeri Yogyakarta, Herman Yuli MPd (Universitas Mahaputra Muhammad Yamin), Drs Andri Defrioka MPd (Universitas Bung Hatta), Salam Mairi MEd (Universitas Negeri Padang), Naswiradiyanto MHum (Politeknik Negeri Padang), Dedy Satria Nugroho MSc (Universitas Riau), Roza Puspita SS (Politeknik Negeri Batam) dan Delvi Wahyuni MA (Universitas Negeri Padang).

Keberhasilan Tim Debat Unri mendapatkan apresiasi dari Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr Syapsan ME.

“Prestasi Tim Debat Unri kembali meningkat pasca tahun lalu hanya sampai dibabak semi final. Kemenangan Tim Debat Unri dalam NUDC tingkat Kopertis X tahun ini semoga menjadi acuan untuk memperbaiki kelemahan tim kita di tahun sebelumnya,” ujar Syapsan.

Syapsan mengharapkan dengan kemenangan ini Tim Debat Unri dapat mempertahankan semangat menuju tingkat nasional.

Delapan tim yang mewakili Kopertis X mengikuti NUDC Tingkat Nasional diantaranya Universitas Riau, Poltek Negeri Padang, PCR, UMMY Solok, Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang, Universitas Internasional Batam dan Universitas Universal yang akan mempertemukan 112 tim debat terbaik dari seluruh Indonesia mewakili 14 Kopertis.

Jelang NUDC tingkat nasional bulan Agustus mendatang, Tim Debat Unri akan menjalani pembinaan rutin dan mengikuti event-event Lomba Debat Regional.

Prepare nya latihan rutin tiap minggu di dua bulan mendatang dan ikut kompetisi debat tingkat Sumatera,” tambah Agung. (dj)

Proud of You Tim Debat Unri !!!