Pages Navigation Menu

Rektor UR : Bangkitkan Generasi Qur’ani Melalui MTQ

Rektor UR : Bangkitkan Generasi Qur’ani Melalui MTQ

kemahasiswaan.unri.ac.id – Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Mahasiswa Tingkat Universitas Riau (UR) digelar 2-3 Juni 2017. Rektor Universitas Riau, Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA membuka acara yang berlangsung di Astaka Utama Halaman Mesjid Arfaunnas.

“Dengan kegiatan ini kita bangkitkan generasi kita menjadi generasi qur’ani. Al-Qur’an adalah petunjuk bagi hidup kita. Jadikan Al-Qur’an sebagai kalam Ilahi yang dapat dijadikan pegangan hidup bagi umat manusia untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat,” ujar Aras Mulyadi dalam sambutannya.

    Selain mengharapkan peningkatan prestasi UR dibidang MTQ, Rektor menginginkan untuk selanjutnya agar memasukkan cabang Al-Qur’an dalam penerimaan Mahasiswa Baru UR.

“Universitas Riau sendiri memiliki beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru, melalui SNMPTN, SBMPTN, PBUD dan Bibit Unggul. Saat ini bibit unggul kita terima melalui kemampuan dibidang olahraga dan seni. Untuk selanjutnya Universitas Riau mungkin bisa membuka cabang di bidang Qur’an dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru, sehingga kedepannya bisa mengembangkan MTQ di Universitas Riau,” harapnya.

MTQ UR tahun 2017 dilaksanakan dengan 11 Cabang Lomba seperti yang disampaikan oleh Dr Iwantono MPhill, Ketua Pelaksana Kegiatan.

“MTQ Tahun ini dilaksanakan dengan 11 cabang lomba dari 13 cabang yang diperlombakan di nasional. Kegiatan ini dibagi menjadi tiga rangkaian kegiatan mulai dari Seleksi MTQ tingkat fakultas, Perlombaan MTQ Tingkat Universitas Riau dan selanjutnya pembinaan untuk pemenang menuju MTQ nasional 28 Juli hingga 4 Agustus mendatang di Malang,” tuturnya.

Selain disambut baik oleh Rektor, acara pembukaan dihadiri Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Kepala Biro Akademis dan Kemahasiswaan, Kepala Biro Perencanaan, Forum Wakil Dekan III Fakultas dan Kelembagaan di Universitas Riau.

MTQ Universitas Riau akan berlangsung dua hari dengan 11 cabang lomba diantaranya : Tilawah Qu’ran, Tartil Qur’an, Qira’at Sab’ah, Khathil Qur’an, Hifzhil Qur’an 5 Juz dan 10 Juz, Fahmil Qur’an, Syarhil Qur’an, Karya Tulis Ilmiah kandungan Al-Qur’an, Debat Ilmiah Kandungan Al‐Qur’an dalam Bahasa Inggris, Desain Aplikasi Komputer Al-Qur’an. (dj)