Pages Navigation Menu

Rektor UR : Jika Universitas Ingin Maju, Mahasiswanya Harus Berpikir Maju

Rektor UR : Jika Universitas Ingin Maju, Mahasiswanya Harus Berpikir Maju

kemahasiswaan.unri.ac.id – Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemristekdikti kembali memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui Program Hibah Bina Desa (PHBD).

Sosialisasi PHBD digelar Kemahasiswaan Universitas Riau, Kamis (9/3,) guna memberikan proses pembelajaran bagi kelembagaan mahasiswa agar mampu mengembangkan soft skills dan hard skills serta mampu membangkitkan, menumbuhkembangkan dari berbagai dimensi kecerdasan.

Dalam  sosialisasi hadir selaku narasumber Direktur Kemahasiswaan Kemristekdikti, Dr Didin Wahidin MPd.

IMG_5361

“PHBD bukan sekedar kegiatan dari situ untuk situ, tapi dituntut sesuatu yang baru, yang unik dan tercangkup kepada semua elemen.
Kegiatan pemberdayaan masyarakat ini dapat dilakukan
oleh mahasiswa melalui kelembagaan seperti UKM, BEM yang

diharapkan mampu menumbuhkan rasa peduli dan berkontribusi kepada masyarakat di desa agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera,” jelas Didin dalam materinya.

Selain mensosialisasikan kegiatan terdekat Kemenristekdikti PHBD, dalam kesempatan yang sama Didin juga memaparkan program-program Kemahasiswaan Nasional lainnya yang ikut menunjang peningkatan akreditasi perguruan tinggi.

“Kegiatan kemahasiswaan itu penting !!. Tugas kita adalah mengkampanyekan kegiatan tersebut. Dan setiap mahasiswa harus punya keinginan untuk aktif menyalurkan kegiatan kemahasiswaan khususnya rekan kelembagaan, bukan hanya demo. Tapi harus memiliki gairah untuk memajukan institusi masing-masing,” tambahnya.

IMG_5333

Acara yang dibuka langsung oleh Rektor Universitas Riau, Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, turut dihadiri Plt. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Kepala Biro, Forum Wakil Dekan III, jajaran Kemahasiswaan UR dan staf pendamping.

“Jika universitasnya ingin maju, mahasiswanya harus berpikir maju,” tutur Aras yang disambut antusias hangat oleh peserta dari kelembagaan mahasiswa.

Aras juga mengharapkan melalui kegiatan kemahasiswaan dan kelembagaan mahasiswa ikut menyukseskan event-event nasional dengan cara menjadwalkan kegiatan sehingga terprogram dimasa yang akan datang.

IMG_5380

Dimoderatori langsung oleh Ns Ari Pristiana Dewi MKep, kegiatan sosialisasi ini berhasil menjaring aspirasi dari rekan kelembagaan yang juga menanyakan perihal beasiswa, program hibah dikti untuk kelembagaan dan kegiatan-kegiatan ormawa lainnya.

Acara diakhiri dengan kado pengumuman hasil PKM yang didanai Dikti tahun 2017 yang menempatkan Universitas Riau diposisi 10 nasional dengan jumlah 92 proposal yang didanai Dikti. (dj)