Pages Navigation Menu

Susun Arah Kebijakan, Rektor Buka Musrembang Kemahasiswaan

Susun Arah Kebijakan, Rektor Buka Musrembang Kemahasiswaan

kemahasiswaan.unri.ac.id – Jelang Musyawarah Perencanaan Pengembangan (Musrenbang) Universitas Riau (UR) bulan Februari mendatang, Kemahasiswaan gelar pra Musrembang, Selasa (24/1) di Hotel Ayola Pekanbaru. Musrenbang adalah forum musyawarah tahunan yang dilaksanakan secara partisipatif oleh para pemangku kepentingan untuk menyepakati rencana kegiatan tahun anggaran yang berjalan sesuai dengan tingkatannya. Adapun Tujuan diadakannya Musrenbang yaitu untuk menampung dan menetapkan kegiatan prioritas sesuai kebutuhan yang diperoleh dari musyawarah perencanaan yang sesuai dengan tingkatan dibawahnya serta menetapkan kegiatan yang akan dibiayai.

Rektor UR, Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA yang berkesempatan hadir membuka langsung Musrenbang Kemahasiswaan. Kegiatan ini dibutuhkan untuk mensinkronisasi perencanaan Universitas Riau dalam rangka peningkatan daya saing yang berkelanjutan.

“Musrenbang ini digelar untuk menyusun arah kebijakan dan program kerja tahun 2017, dan mengevaluasi kegiatan di 2016. Diharapkan dengan musrembang ini akan hadir kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan rancangan dan terjadi sinkronisasi program sesuai dengan level baik di tingkat fakultas, universitas, regional, nasional bahkan internasional,” ujar Aras.

Dalam kegiatan ini, Prof Dr Mashadi MSi Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi memaparkan Renstra Universitas Riau dan capaian Perencanaan UR. Untuk Grand Design Kemahasiswaan, Draft Peraturan Ormawa Kemahasiswaan dan Beasiswa di Universitas Riau dijelaskan langsung oleh Ns Ari Pristiana Dewi MKep dan Ir Syaifuddin MSi selaku Staf Pendamping Kemahasiswaan.

“Bidang Kemahasiswaan memiliki andil 10% dalam pemeringkatan prestasi universitas ditahun 2016, dan akan ditingkatkan ditahun 2017. Diharapkan mahasiswa melalui Kelembagaan Mahasiswa tidak sekedar cakap dibidang kognitif, namun didukung oleh softskill,” Jelas Pristi.

Adapun kondisi pelaksanaan Kemahasiswaan ditahun 2016 mayoritas telah terlibat dalam kompetisi Belmawa Dikti, namun persiapan dan pembinaan yang belum optimal. Belum optimalnya sinergi kelembagaan dengan kemahasiswaan dalam menunjuang kegiatan nasional menuju prestasi UR dan belum optimalnya program kegiatan kelembagaan yang mengarah kepada pemeringkatan universitas.

Menanggapi hal tersebut, upaya perbaikan yang akan dilaksanakan untuk menunjang kemajuan bidang Kemahasiswaan disampaikan oleh Pristi, salah satunya dengan mengevaluasi kegiatan Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa).

“Upaya perbaikan diantaranya, mengetahui pelaksanaan kegiatan dan hambatan yang didapatkan, mengevaluasi pelaksanaan program yang menunjang prestasi atau tidak, meningkatkan tanggung jawab pelaksanaan kegiatan dan evaluasi per tengah semester serta menginformasikan seluruh program, kegiatan dan dana hibah dari Kemenristekdikti,” ujarnya.

IMG_1326

Kegiatan Musrenbang juga diisi dengan pemaparan mengenai pentingnya manajemen program kegiatan kemahasiswaan dan pentingnya kewirausahaan bagi mahasiswa.

Seluruh Kelembagaan Mahasiswa akan mempresentasikan program lembaga mahasiswa tahun 2017 dan rencana program kelembagaan mahasiswan tahun 2018. (dj)