Pages Navigation Menu

Tiga Best Speaker Terbaik, Akan Wakili Unri Diajang NUDC

Tiga Best Speaker Terbaik, Akan Wakili Unri Diajang NUDC

kemahasiswaan.unri.ac.id – Menyadari pentingnya lomba debat bagi peningkatan kualitas lulusan dan pendidikan tinggi, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mengembangkan kegiatan National University Debating Championship (NUDC) sejak tahun 2008 lalu. Kegiatan tahunan ini telah menjadi ajang positif bagi mahasiswa se-Indonesia untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam berpikir kritis dan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, meningkatkan kepercayaan diri, mengembangkan jejaring antar perguruan tinggi, dan memupuk rasa kesatuan dan kebanggaan terhadap kebhinekaan bangsa dan budaya.

  Penyeleksian debater NUDC 2018 dibeberapa wilayah di Indonesia juga digelar Univeritas Riau (Unri) guna menyaring debater-debater yang akan mewakili kampus dan regional Riau. Proses pemilihan terselenggara 30-31 Maret dengan 24 tim debater yang berasal dari berbagai fakultas.

Dr Afrianto MEd, Koordinator NUDC Unri sekaligus adjudicator (Juri) menjelaskan NUDC tahun ini diikuti total 24 Tim yang berasal dari 20 Tim rekomendasi fakultas dan 4 Tim Komposit.

  “Dewan juri juga berjuang untuk mencari yang terbaik. Pesan kami bagi yang menang, perjuangan kita belum selesai menuju regional dan nasional,” jelasnya.

Selain itu, Adjudicator lain Syafira Yasmin menyebutkan, perlu adanya latihan intensif bagi para pemenang jika hendak mengikuti event nasional.

    “Universitas Riau memiliki komunitas English Debater Society (EDS) dan Universitas Riau Cendikia (URC) untuk mewadahi mahasiswa yang memiliki kemampuan di bidang debat, dan didukung oleh pihak Kemahasiswaan sebagai fasilitator,” ujar Yasmin yang pernah mewakili Universitas Riau di NUDC Tingkat Nasional.

Acara yang berlangsung di Aula Rektorat Lantai 4, dipandu langsung oleh 6 orang adjudicator dari dosen dan profesional. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr Syapsan ME yang menutup langsung acara, berharap kemenangan dan kekalahan mahasiswa saat ini dapat dijadikan pembelajaran dan motivasi kedepannya.

   “Saya optimis kita akan lebih baik dari tahun lalu. Jadikan kelemahan saat ini menjadi pembelajaran dan motivasi untuk menjadi baik kedepannya. Dan untuk pemenang yang akan mewakili Universitas Riau di Kopertis dan nasional nantinya, berjuanglah sebaik mungkin, mari kita wujudkan dan tingkatkan prestasi-prestasi untuk kemajuan Universitas Riau,” ungkap Syapsan.

Acara ditutup dengan pengumuman pemenang dan pembagian hadiah. Tiga best speaker terbaik akan dikirim mewakili Universitas Riau menuju regional.

Berikut Nama-nama Best Speaker NUDC 2018 Universitas Riau :

  1. Agung Soegihin (Teknik, 2015)
  2. Stephani Febiola (FISIP, 2016)
  3. Rama Setyo Prakoso (Hukum, 2016)
  4. Rizqy Nedia Oktaviani (FISIP, 2016)
  5. Nabila Hanum (FISIP, 2016)
  6. Muhajir Afandi (Hukum, 2016)
  7. Nadiah Wanara (FMIPA, 2016)
  8. Maria Lucia Dwiguna (FMIPA, 2016)