Pages Navigation Menu

Universitas Riau Jadi Tuan Rumah Munas BEM SI XI

Universitas Riau Jadi Tuan Rumah Munas BEM SI XI

kemahasiswaan.unri.ac.id – Wahai kalian yang rindu kemenangan. Wahai kalian yang turun ke jalan. Demi mempersembahkan jiwa dan raga untuk negeri tercinta.” Demikian kutipan lagu perjuangan yang berkumandang mengawali Opening Ceremony Musyawarah Nasional (Munas) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Seluruh Indonesia (SI) yang berlangsung di Auditorium Sutan Balia FISIP Universitas Riau (Unri), Senin pagi (19/2).

  Unri didapuk sebagai tuan rumah Munas BEM SI XI yang digelar 18 hingga 23 Februari 2018 mendatang. Munas merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh Aliansi BEM Seluruh Indonesia yang bertujuan untuk melanjutkan estafet pergerakan mahasiswa Indonesia.

  Hadir sekaligus membuka acara Dirjen Belmawa Kemenristekdikti Prof Intan Ahmad PhD.

Dalam sambutannya Intan menyampaikan, jumlah mahasiswa Indonesia yang saat ini lebih kurang tujuh juta orang, bagaimana agar mampu berkontribusi lebih baik lagi untuk indonesia, sebagai salah satu wujud bela negara.

“Kita harus kerja keras luar biasa, karena kita punya potensi yang luar biasa,” tutur Intan dihadapan ratusan delegasi mahasiswa yang hadir.

Selain Dirjen Belmawa, turut hadir dalam opening ceremony Mantan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Letjen TNI (Purn) Syarwan Hamid, Sekretaris Daerah Provinsi Riau yang mewakili Plt. Gubernur,  Ahmad Hijazi, Direktur Kemahasiswaan Kemenristekdikti Dr Didin Wahidin, Rektor Unri Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr Syapsan ME, jajaran pimpinan Rektorat dan Dekanat Unri.

  Lebih kurang 120 delegasi BEM Seluruh Indonesia dari sekitar 90 Perguruan Tinggi menjadi peserta Munas, yang terdiri dari Universitas Sumatera Bagian Utara dan Selatan, Universitas Bagian se-Jabodetabek, Universitas yang ada di Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah-DIY, Universitas yang ada di Kalimantan Tengah, Barat, Timur dan Selatan, Universitas yang ada di Bali dan Nusa Tenggara, dan Universitas yang ada di Papua serta di Maluku.

  “Tahun 2018, tepat 20 tahun usia reformasi Indonesia. Dan yang paling diharapkan dari seluruh peserta Munas adalah sejarah perkumpulan mahasiswa dan peran pemuda yang banyak andil dalam pergerakan reformasi negeri ini, sesuai cita-cita reformasi Bung Karno, Indonesia mampu untuk berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi dan berkepribadian secara kebudayaan.” ungkap Rinaldi, Presiden Mahasiswa Unri dalam sambutannya.

  Hal yang sama disampaikan Koordinator Pusat BEM SI, Gilang Ridho Ananda “Tumbuhkan rasa kecemburuan dan rasa kepemilikan dalam diri kita, karena cemburu itu adalah tugas utama seorang pemuda. Kecemburuan jika ada yang menginjak-injak negeri kita. dan rasa cemburu itu harus kita tanamkan,” tutur Presiden Mahasiswa UNS ini, yang disambut tepukan semangat peserta yang hadir.

  Usai, opening ceremony acara dilanjutkan dengan Dialog Kebangsaan mengambil tema “Dari Kampus Untuk Indonesia : Berdaulatlah Negeriku!” dengan narasumber Mantan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Letjen TNI (Purn) Syarwan Hamid, Dirjen Belmawa Kemenristekdikti Prof Intan Ahmad PhD dimoderatori langsung oleh Zulfa Hendri, Presiden Mahasiswa Unri 2014-2015

  Mewakili Rektor, Syapsan mengucapkan selamat datang kepada tamu undangan dan peserta Munas BEM SI XI. “Jagalah silaturahmi antar kelembagaan yang menjadi peserta Munas. Selamat bermusyawarah, dan hasilkan keputusan terbaik,” ucap Syapsan di akhir sambutannya. (dj)