Pages Navigation Menu

Unri Berikan Dana Hibah Kewirausahaan Kepada 17 Tim KBMI

Unri Berikan Dana Hibah Kewirausahaan Kepada 17 Tim KBMI

kemahasiswaan.unri.ac.id  – Pasca diumumkan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) bulan Juni lalu, sebanyak 8 (delapan) Tim Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) Universitas Riau (Unri) menerima Hibah Dana Kewirausahaan di tahun 2018.

8 Tim diantaranya Suci Monika (FPK), Anifa Fudhla (Fakultas Keperawatan), Sudariyanto (Fakultas Teknik), Jailani Sidik (FEB), Dessy Kurniawati (FISIP), Carles Fernando (Faperta), Muhammad Rheza (FISIP) dan Arif Rahman Syafei (FKIP). Masing-masing tim memperoleh dana hibah untuk  kategori jasa dan perdagangan, budidaya dan produksi serta industri kreatif.

Sama seperti tahun sebelumnya, setiap Perguruan Tinggi maksimal mengajukan 25 Proposal KBMI. Dari total 284 Perguruan Tinggi se-Indonesia pengusul Proposal KBMI sebanyak 438 Proposal berhasil lolos didanai Dikti dari total 2579 proposal usulan.

Menyadari akan potensi dan kesungguhan berwirausaha mahasiswa, Jum’at (24/8) Unri melalui Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr Syapsan ME, menyerahkan Dana Hibah Kewirausahaan bersumber DIPA Unri kepada 17 Tim KBMI yang tidak lolos didanai Dikti.

  “Kita berharap Tim KBMI yang lolos didanai ini tidak hanya kelak mencari kerja, tetapi juga mampu menciptakan lapangan kerja bagi orang lain,” ujar Syapsan dalam sambutannya.

Program KBMI merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mempraktekkan ilmu dan keterampilan berwirausahaan melalui pemberian modal bisnis dan pendampingan. Program ini bertujuan menghasilkan karya kreatif dan inovatif dalam membuka peluang bisnis bagi mahasiswa setelah menyelesaikan studi. Program KBMI menitik beratkan pada orientasi proses dan hasil usaha.

Dr Sumarno MPd MSi, dari Tim Kewirausahaan Unri memaparkan ke 25 Tim KBMI Universitas Riau akan mengikuti serangkaian kegiatan jelang Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) bulan November mendatang.

“Masing-masing tim akan mengikuti workshop kewirausahaan, monev internal dan eksternal, program magang dan persiapan menuju Expo KMI,” ujar Dosen Pendidikan Ekonomi FKIP ini. (dj)