Pages Navigation Menu

Unri Raih 2 Medali dan Juara Favorit di PIMNAS 31 UNY

Unri Raih 2 Medali dan Juara Favorit di PIMNAS 31 UNY

kemahasiswaan.unri.ac.id, Yogyakarta –  Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-31 tidak cuma menjadi tempat pertemuan peneliti-peneliti muda seluruh Indonesia. Tapi, tempat pembahasan masa depan pendidikan tinggi di Indonesia. Diselenggarakan 4 hari lamanya, Pimnas ke-31 Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) resmi ditutup pada Sabtu (1/9) malam di Gedung Olahraga (GOR) UNY.

  Diharapkan agenda tahunan yang menyaring karya terbaik mahasiswa ini bisa dikembangkan untuk bisa dimanfaatkan secara luas.

Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Prof. AinunNa’im, Ph.D., M.B.A, mengatakan, banyak gagasan dan inovasi karya dari para peserta yang dihasilkan. “Kami harapkan tidak berhenti di Pimnas saja,” ujarnya.

  Hilirkan kreativitas mahasiswa menjadi inovasi yang bernilai tambah, jadi salah satu amanah Pimnas 31.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor UNY Prof. Sutrisno Wibawa menambahkan, Pimnas ke-31 yang digelar ini bertema ‘Mewujudkan Mahasiswa Indonesia yang Unggul, Kreatif, dan Inovatif Berlandaskan Ketakwaan, Kemandirian, dan Kencendekiaan dalam Bingkai Kebhinnekaan’. Dirinya berharap kegiatan Pimnas dapat bermanfaat bagi seluruh pihak.

“Semoga dapat dijadikan wahana pembelajaran bagi kita. Terutama kepada mahasiswa peserta Pimnas,” katanya.

Sutrisno menambahkan, dari 4800 proposal karya ilmiah, hanya 440 saja yang masuk menjadi peserta Pimnas ke-31 ini. Diikuti oleh 1.523 mahasiswa dari 136 perguruan tinggi yang dilombakan dalam 7 bidang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Seremoni ini tak cuma banjir kemeriahan saja. Kucuran apresiasi juga turut mengekor.

Rektor UNY, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, selaku punggawa tuan rumah, mengungkapkan apresiasinya terhadap seluruh peserta; bahwa masing-masing kontingen, terlepas dari berhasil tidaknya mereka membawa pulang medali, merupakan pemenang.

Tidak hanya itu, Sutrisna juga memberikan apresiasi terhadap seluruh pihak terkait yang telah membantu mewujudkan Pimnas 31, dari segenap jajaran Kemenristekdikti, Ditjen Belmawa, Gubernur serta Wakil Gubernur DIY, hingga civitas akademika perguruan tinggi se-Indonesia yang turut hadir malam itu.

   

Serangkaian acara perhelatan akbar tersebut akhirnya mencapai puncak dengan diumumkannya pemenang lomba poster PKM, lomba presentasi PKM, serta juara umum Pimnas ke 31 dengan Universitas Gadjah Mada keluar sebagai pemboyong piala bergilir Adikarta Kertawidya tahun ini.

Universitas Riau turut membawa pulang 1 Medali Perak dari Poster PKM PE, 1 Medali Perunggu dari Poster PKM KC dan 1 Juara Favorit dari Presentasi PKM M. (dj)

Kontingen PIMNAS Universitas Riau

Tim Angela Marici_Peraih Medali Perak Poster PKM Penelitian

 

Tim Oktafatahna Laka_Peraih Medali Perunggu Poster PKM Karsa Cipta

Tim Agnes Yovani_Peraih Juara Favorit Presentasi PKM Pengabdian

Berikut Daftar 10 Besar Perguruan Tinggi Pemenang PIMNAS 31 UNY :