Pages Navigation Menu

EXPO KMI 2017, Panggung Kreativitas Wirausaha Mahasiswa Indonesia

EXPO KMI 2017, Panggung Kreativitas Wirausaha Mahasiswa Indonesia

kemahasiswaan.unri.ac.id, Pontianak – Peningkatan daya saing bangsa dapat dilakukan dengan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). SDM berdaya saing mampu mengubah setiap tantangan menjadi peluang. Kemampuan mengubah tantangan menjadi peluang bernilai ekonomis ini dapat dilakukan melalui pembangunan karakter kewirausahaan. Menyadari hal tersebut, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) kembali menggelar Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) kali kedelapan. 

   Setelah Malang, ditahun 2017 Pontianak berkesempatan menjadi tuan rumah acara Expo KMI VIII. Sebanyak 96 Perguruan Tinggi terdaftar sebagai peserta expo tahun ini, ditambah dengan enam Perguruan Tinggi non-delegasi yang turut meramaikan program nasional yang berlangsung di Politeknik Negeri Pontianak, 22-25 November 2017.

Mengusung tema “Keberagaman Indonesia Sebagai Kekuatan Wirausaha Mahasiswa Dalam Ekonomi Global, Power and Harmony in Diversity”, Staf Ahli MenRistekdikti Hari Purwanto yang berkesempatan membuka acara mengharapkan KMI VIII Tahun 2017  dapat menjadi panggung untuk menampilkan kreativitas wirausaha mahasiswa Indonesia, serta menjadi forum bagi pengusaha muda perguruan tinggi untuk dapat membangun kerjasama dan jaringan dengan berbagai pengusaha lain di seluruh Indonesia.

   Universitas Riau menjadi salah satu perguruan tinggi yang ambil bagian di ajang KMI 2017. Mengirim 3 Tim Utama diantaranya Kategori Industri Makanan dan Minuman (Bakso Ikan Patin “Si Temok), Kategori Industri Kreatif (Souvenir Komposit serat Rambut “BCL”), Kategori Industri Produksi/Budidaya (Starqua Fishfeed, Pakan Ikan dari Limbah Protein Nabati dan Hewani) dan 2 tim tambahan, kategori makanan dan minuman (Mr. Kefir dan Abang Pisang Coklat Pemuda Rasanya Juara).

 

Rangkaian kegiatan expo, memperebutkan juara KMI Award, untuk kategori wirausaha dan kategori stand terbaik. KMI Award untuk kategori wirausaha didasarkan pada konsep Real Business Competition, sehingga fokus pada penilaian keunggulan kinerja dan profesionalisme. Sedangkan untuk kategori stand terbaik dilakukan berdasarkan penilaian terhadap produk-produk dan tampilan stand, yang mencakup aspek firmitas, utilitas, dan venuitas.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr Syapsan, ME. mengungkapkan apresiasinya untuk Tim KBMI Universitas Riau yang turut berkontribusi di EXPO KMI.

  “Semoga kontribusi dan prestasi ini dapat terus menjadi pendorong mahasiswa UR untuk lebih berprestasi di semua kompetisi mahasiswa, karena prestasi tersebutlah satu wujud keberhasilan proses pembelajaran di kelas. Kita berharap tim Kewirausahaan mahasiswaan UR dapat meningkatkan skill dan pengetahuan agar lebih berprestasi,” tutur Syapsan.

Senada dengan hal itu, Ns Ari Pristiana Dewi MKep selaku Pembina KBMI UR menyampaikan, Expo KMI merupakan wahana unjuk prestasi kewirausahaan mahasiswa.

“Dengan dihadiri 96 Perguruan Tinggi yang sudah diseleksi panitia dan Belmawa Kemenristekdikti, produk yang ditampilkan oleh mahasiswa merupakan produk yang penuh inovasi dan kreativitas. Luar biasa inspiratif, semoga semakin banyak wirausaha muda yang mandiri,” ujarnya.

KMI Award terdapat lima kategori industri yang dinilai, yaitu industri makanan dan minuman yang diikuti oleh 79 peserta, industri jasa dan perdagangan yang diikuti oleh 34 peserta, industri teknologi yang diikuti oleh 18 peserta, industri kreatif yang diikuti oleh 60 peserta, dan industri produksi/budidaya yang diikuti oleh 22 peserta. (dj)

 Berikut adalah para pemenang KMI Award kategori wirausaha.

Kategori Industri Makanan dan Minuman
Juara 1: “Gedhang Nugget”, Universitas Ma Chung
Juara 2: “Mowpea”, Politeknik Negeri Bali
Juara 3: “Moomykara Foods”, Universitas Negeri Medan
Juara Harapan: “Supaku”, Institut Pertanian Bogor

Kategori Industri Jasa dan Perdagangan
Juara 1: “We Stay”, STMIK Amikom
Juara 2: “Mukenah In Rok”, Universitas Pendidikan Indonesia
Juara 3: “Cantigi Tour & Travel”, Universitas Andalas
Juara Harapan: “Layanan Jasa Syari”, Universitas Islam Sultan Agung

Kategori Industri Teknologi
Juara 1: “Indobot Educational Robotic”, Universitas Negeri Yogyakarta
Juara 2: “Be-On (Bengkel Online)”, Universitas Indonesia
Juara 3: “Atfire Automatic Fish Attractor”, Universitas Brawijaya Malang
Juara Harapan: “Antre”, Politeknik Negeri Bandung

Kategori Industri Kreatif
Juara 1: “DIDOL”, Universitas Negeri Malang
Juara 2: “Kisara”, Universitas Lampung
Juara 3: “Kama Strap & Bag”, Institut Teknologi Sepuluh November
Juara Harapan: “Colorful Smart Book”, Politeknik Al-Islam Bandung

Kategori Industri Produksi/Budidaya
Juara 1: “Budidaya Ulat Tepung”, Institut Pertanian Bogor
Juara 2: “REKAMIN.ID”, Politeknik Elektronik Negeri Surabaya
Juara 3: “Patchoulli Essential Oil and Bath Salt”, Universitas Syiah Kuala
Juara Harapan: “Kandang Oewang”, IKIP PGRI Madiun

Sedangkan untuk KMI Award kategori stand terbaik, terdapat sejumlah 96 peserta delegasi yang menampilkan produk-produk wirausaha maupun produk unggulan daerah asal perguruan tinggi.

Juara 1: Universitas Gadjah Mada
Juara 2: Institut Teknologi Sepuluh November
Juara 3: Institut Pertanian Bogor
Juara Harapan: Politeknik Negeri Pontianak

Selamat untuk para pemenang!