Pages Navigation Menu

UR Tuan Rumah Sosialisasi KJI Dan KBGI 2017

UR Tuan Rumah Sosialisasi KJI Dan KBGI 2017

kemahasiwaan.unri.ac.id – Universitas Riau (UR) dipilih oleh Direktorat Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, sebagai tuan rumah Sosialisasi Peningkatan Kemampuan Kreativitas Mahasiswa Dalam Bidang Kompetisi Jembatan dan Bangun Gedung Indonesia untuk wilayah Riau, Sumatra Barat, Sumatera Utara dan Kepulauan Riau, Senin (21/8) di Aula Rektorat Lantai 4.

Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) dan Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia (KBGI) merupakan kompetisi yang dilaksanakan secara paralel yang melombakan desain atau rancangan jembatan dan bangunan gedung . Kompetisi yang diadakan setiap tahun ini diikuti oleh mahasiswa Teknik Sipil dan mahasiswa bidang ilmu lainnya yang berhubungan dengan Jembatan dan Gedung dari Perguruan Tinggi se-Indonesia.

Ditahun 2016, KJI dan KBGI sukses terselenggara di Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang, dengan Universitas Brawijaya berhasil keluar sebagai Juara Umum.

Kurangnya minat dan partisipasi mahasiswa di luar pulau Jawa disampaikan oleh Yudi Harianto ST, Kasi Kreativitas Ditjen Belmawa Dikti sebagai tujuan terselenggaranya kegiatan sosialisasi ini.

“Masih rendahnya partisispasi mahasiswa luar Jawa dalam mengikuti KJI dan KBGI disebabkan beberapa hal, seperti permasalahan akomodasi biaya untuk pengiriman prototype,” ujarnya.

Ditambahkan oleh Yudi, dengan adanya perubahan mekanisme dan ketentuan baru pada KJI dan KBGI tahun 2017 semoga partisipasi mahasiswa luar Jawa khususnya Sumatera semakin meningkat.

“Kami berharap banyak peserta yang mengikuti kontes KJI KBGI tahun ini, kami yakin potensi mahasiswa baik Jawa maupun di luar Jawa mampu berkompetisi dengan baik,” tambahnya.

Acara yang dihadiri oleh Mahasiswa Teknik Sipil ini, dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Prof Dr Sudjianto MSi. Tampak hadir dosen beserta mahasiswa dari Universitas Andalas, Universitas Pasir Pangaraian, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Universitas Islam Riau, Universitas Putera Batam, Universitas Abdurrab dan Universitas Riau sebagai Tuan Rumah.

Sudjianto menyambut baik kegiatan ini yang dianggapnya sesuai dengan kondisi Riau yang butuh infrastruktur jembatan yang baik.

“Kegiatan ini sangat sesuai dengan kondisi Riau saat ini dimana sebagian besar wilayah Riau dipisahkan oleh 4 sungai besar, tentunya dibutuhkan infrastruktur jembatan dan bangunan yang baik. Dengan adanya sosialisasi ini semoga mahasiswa khususnya di Riau mampu berkontribusi dan membuat Riau lebih baik lagi,” ungkap sudjianto.

   Sosialisiasi ini menghadirkan empat pakar di Bidang KJI dan KBGI diantaranya Dr  Ir Heru Purnomo DEA (UI), Dr Ir Sigit Darmawan (ITB),  Prof. Tavio S.T. M.T. Ph.D (ITS) dan Amalia SPd SST MT (Politeknik Negeri Jakarta).

Untuk jadwal penerimaan proposal Penerimaan Proposal Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) Ke-13 dan Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia (KBGI) Ke-9 Tahun 2017 paling lambat tanggal 19 September 2017. (dj)