• Posted: 2022-06-13 15:31:20
  • By: kemahasiswaan
  • Readed: 457

MTQM Universitas Riau Tahun 2022 Diadakan Secara Luring dan Meriah

KemahasiswaanUNRI-KemahasiswaanUNRI-Universitas Riau mengadakan Musabaqoh Tilawatil Qur'an Mahasiswa Universitas Riau (MTQM UNRI), dalam rangka untuk mencari Kafilah Universitas Riau pada ajang Talenta Nasional MTQ Mahasiswa Nasional yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional/Puspresnas Kemdikbudristek.


Pembukaan MTQM Universitas Riau diadakan pada tanggal 13 Juni 2022 Bertempat di Astaka Utama yang berlokasi di Halaman Rektorat Universitas Riau, Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor Universitas Riau Prof. Dr. H. Aras Mulyadi, M. Sc dan di hadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Iwantono, M. Phi, Wakil Rektor Bidang Akademik, Ketua Lembaga, Kepala-kepala Biro, Dekan dilingkungan Universiats Riau dan Tamu Undangan.


Cabang Musabaqah Tilawatil Quraan Mahasiswa Universitas Riau yaitu :
1.  Tilawah Qur'an putra dan putri
2.  Tartil Qur'an putra dan putri
3.  Qira'ah Saba'ah putra dan putri
4.  Hifzhil Qur'an 5 Juz, 10 Juz dan 20 Juz putra dan putri
5.  Khattil Qur'an
6.  Fahmil Qur'an
7.  Syarhil Qur'an
8.  Karya Tulis Ilmiah Qur'an
9.  Debat Kandungan Alquran Bahasa Arab
10. Debat Kandungan Alquran Bahasa Inggris
11. Desain Aplikasi Al-Quran


MTQM UNRI diikuti juara 1 setiap cabang di tingkat Fakultas se- Universitas Riau dengan jumlah total peserta 170 mahasiswa. MTQM UNRI tahun 2022 diadakan secara langsung dengan 4 Astaka yaitu Astaka Utama Halaman gedung Rektorat Universiats Riau, Mushollah Rektorat, Aula LPPMP, Aula Perpustakaan, kegiatan ini berlangsung selama 3 hari yaitu tanggal 13-15 Juni 2022.


Kegiatan ini diawali dengan sambutan P Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Iwantono, M. Phil dalam sambutannya menyampaikan bahwa MTQM ini merupakan muara dari kegiatan rutin di bidang kemahasiswaan yaitu pembinaan mahasiwa  pada bidang mental spritual melalui pendekatan mahasiswa kepada Al-Qur'an dengan cara memberikan program bagi mahasiswa yang muslim yaitu program Tahsin dan Tahfids Al-Qur'an sampai pada MTQM UNRI yang berjenjang dari tingkat Fakultas sampai Nasional.

MTQM UNRI merupakan upaya dilakukan untuk lebih memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai Alqur'an dalam kehidupan sehari-sehari. MTQM UNRI merupakan muara utama dari semua kegiatan bagi mahasiswa muslim tutur Prof. Dr. Iwantono, M. Phil. Beliau juga mengucapkan terimakasih atas kolaborasi dari Ikatan Persaudaran Qori-Qoriah dan Hafizh Hafizhah (IPQAH) Provinsi Riau yang ikut mensukseskan kegiatan ini.


MTQM UNRI dibuka oleh Rektor Universitas Riau Prof. Dr. Aras Mulyadi, M. Sc dalam sambutannya  menyampaikan bahwa pimpinan Universitas Riau sangat mendukung kegiatan MTQM UNRI dan mengajak mahasiswa untuk bersungguh-sungguh dalam berkompetisi di ajang talenta, diharapkan MTQM UNRI terseleksi kafilah terbaik yang akan mempertahakan tradisi medali emas bagi Universitas Riau di tingkat Nasional. Rektor juga menyampaikan Universitas Riau memiliki jalur masuk prestasi yang dapat dimanfaatkan untuk menjaring siswa-siswa SMA berprestasi pada MTQ di tingkat Propinsi dan Nasional.


Ketua Panitia sekaligus pembina MTQM UNRI Dr. Eka Armas Pailis menyampaikan bahwa ajang talenta MTQ dapat meningkatkan minat, kreativitas dan prestasi mahasiswa pada cabang musabaqah serta dapat menumbuhkan kecintaan pada Alquran.  Penutupan MTQM UNRI akan dilaksanakan pada hari rabu 15 Juni 2022 mulai pukul 10.00 wib, akan menampilkan cabang final Tilawah, Tartil dan Syarhil. MTQM UNRI memperebutkan piala bergilir Rektor UNRI, Penutupan insya Allah akan ada Haflah dari Dewan Hakim yang merupakan qori terbaik nasional.