• Posted: 2023-11-12 17:42:14
  • By: kemahasiswaan
  • Readed: 467

Preliminary Round Of “Universitas Riau” International Academic Writing Competition 2023

KemahasiswaanUNRI-Lahir dari semangat akademisi dan untuk mengasah kamampuan mahasiswa dari berbagai Universitas di dunia terutama dalam bidang menulis karya ilmiah, Universitas Riau mengundang mahasiswa dari berbagai kampus di berbagai negara. Kegiatan ini sedang disayembarakan dalam wadah kompetisi menulis atau disebut International Academic Writing Competition (IAWC) tahun 2023. Ajang kompetisi ini seperti yang sudah dimuat pada laman https://kemahasiswaan.unri.ac.id/, jadwal tahapan demi tahapan dan juga hadiah yang akan didapat.

Bagi para pemenang yang lolos ke babak final pada ajang kompetisi ini panitia menganugerahi 50 medali (emas, perak dan perunggu), dan uang tunai dalam mata uang US dolar.

Netherland adalah salah satu negara dari 6 negara yang mengikuti ajang ini. Adapun negara lainnya yaitu China, Malaysia, Korea, Cameroon, dan tentunya Indonesia, dan jumlah kampus yang mengikuti di seluruh dunia yakni sebanyak 14 kampus.

Kompetisi menulis ini sangat bermanfaat dan saya menyatakan antusiasnya pada program ini karena dapat berkompetisi dengan mahasiswa yang berasal dari berbagai negara dan mendapatkan pengalaman baru dalam menulis karya ilmiah untuk ajang internasional, ungkap Uswatun Hasanah yang merupakan salah satu mahasiswa Universitas Riau yang mengikuti ajang ini.

Prof Neni Hermita selaku ketua pelaksana IAWC tahun 2023 mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bagus untuk mahasiswa yang masih menepuh pendidikannya guna meningkatkan kemampuan dan menumbuhkan minat bakat dalam menulis karya ilmiah dan tentunya bagi institusi kita dapat meningkatkan Indeks Kinerja Utama (IKU) Universitas Riau dan kami mengucapkan terima kasih bagi partisipan yang telah mengikuti kompetisi ini semoga sukses. Ungkapnya.

Menambahkan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Riau, Dr. Hermandra mengatakan alhamdulillah kegiatan IAWC 2023 perdana yang dilaksanakan oleh Universitas Riau diikuti 6 negara dan 14 kampus, beliau juga berharap ajang internasional ini diadakan setiap tahun dan diikuti lebih banyak kampus terbaik didunia.

Kegiatan tersebut masih berlangsung dengan penyerahan artikel oleh peserta paling lambat 10 November 2023 dan beberapa peserta telah menyerahkan artikelnya untuk diseleksi pada babak penyisihan, dan saat ini para juri telah menetapkan 59 peserta yang lolos pada babak penyisihan dan kemudian diseleksi kembali untuk masuk pada tahapan babak final.

Di saat yang sama Rektor Universitas Riau Prof. Dr. Sri Indarti mengatakan sekaligus berpesan bahwasanya kegiatan ajang kompetisi ini agar dapat meningkatkan kompetensi dan prestasi mahasiswa khususnya bagi peserta yang mengikuti sehingga dapat bersaing di kancah international, bukan hanya institusi kita saja yang dituntut untuk go international akan tetapi sivitas akademika terutama mahasiswa kita mampu bersaing dilevel international melalui program-program yang tersedia, dan saya beserta jajaran pimpinan mengucapkan terima kasih kepada ketua pelaksana dan juri serta panitia lainnya yang telah menyelenggarakan program ini semoga membawa manfaat untuk kita untuk kemajuan institusi terutama untuk meningkatkan IKU 2 yaitu peraihan prestasi bagi mahasiswa kita dalam kompetisi atau lomba pada peringkat juara 1-3 pada kompetisi tingkat internasional, dan sedangkan IKU 3 yakni dosen yang membimbing mahasiswa berkompetisi yang berprestasi pada peringkat juara 1-3 pada kompetisi tingkat internasional dan semoga berjalan lancar sesuai harapan kita bersama.

Final announcement dijadwalkan paling lambat tanggal 27 November 2023 melalui email peserta, para juri serta panitia pelaksana telah mempersiapkan segala hal yang berkenaan dengan metode penilaian dan item-item lainnya sehingga kegiatan kompetisi internasional menulis ini berjalan sesuai yang diharapkan. (ed: abdi)***