• Posted: 2024-02-12 07:58:23
  • By: kemahasiswaan
  • Readed: 2222

Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka Tahun 2024 TELAH DIBUKA, Ayo Segera Daftar!!!

KemahasiswaanUNRI-Sobat Mawa Pendaftaran KIP Kuliah 2024 akan telah dibuka. Nah Segera daftar di laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id yang perlu di perhatikan pastikan NISN, NPSN, NIK valid di Dapodik dan memiliki posel (e-mail) yang aktif untuk mendapatkan nomor pendaftaran dan kode akses.

So Bagaimana cara daftarnya?

Beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) merupakan bantuan pendidikan yang diberikan oleh pemerintah kepada mahasiswa berprestasi yang berasal dari keluarga ekonomi kurang mampu. Bantuan ini termasuk biaya kuliah dan tunjangan hidup.

Menurut Pedoman Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2023, pendaftaran KIP Kuliah dilakukan bersamaan dengan pendaftaran SNPMB jalur pertama yakni SNBP. Mengacu pada jadwal SNPMB tahun 2024, pendaftaran SNBP 2024 akan dimulai pada 14 Februari 2024.

Besaran Bantuan KIP Kuliah

Seperti dijelaskan sebelumnya, mahasiswa akan mendapatkan bantuan pendidikan dan tunjangan hidup. Namun, tunjangan hidup tersebut diberikan sesuai dengan indeks harga lokal masing-masing wilayah perguruan tinggi. Berikut rinciannya berdasarkan KIP Kuliah tahun lalu:

  1. Klaster I: Rp 800.000 per bulan
  2. Klaster II: Rp 950.000 per bulan
  3. Klaster III: Rp 1.100.000 per bulan
  4. Klaster IV: Rp 1.250.000 per bulan
  5. Klaster V: Rp 1.400.000 per bulan
Syarat Pendaftaran KIP Kuliah

Berminat menjadi penerima KIP Kuliah 2024? Merujuk informasi pendaftaran 2023, pastikan kamu memenuhi persyaratan di bawah ini:

1. Lulusan SMA/SMK/sederajat yang lulus pada tahun berjalan atau maksimal lulus dua tahun sebelumnya.

2. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui semua jalur masuk baik S1 atau Vokasi.

3. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi atau berasal dari keluarga miskin/rentan miskin, yang dibuktikan dengan:

4. Memiliki dan terdata pada program pemerintah berikut:
  • Kartu Indonesia Pintar (KIP) pendidikan menengah.
  • Masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau menerima program bantuan sosial yang ditetapkan oleh Kementerian Sosial seperti Bansos Program Keluarga Harapan (PKH), Bansos Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK), dan Bansos Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT).
  • Masuk dalam kelompok masyarakat miskin/rentan miskin maksimal pada desil ketiga Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) yang ditetapkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.
  • Mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan.

5. Pertimbangan khusus bisa dilakukan dengan mendukung bukti dokumen yang sah, seperti:

  • Bukti pendapatan kotor gabungan orang tua/wali paling banyak Rp 4 juta setiap bulan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp 750 ribu.
  • Bukti keluarga miskin dalam bentuk Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).

Cara Daftar KIP Kuliah

  1. Mendaftarkan akun secara mandiri melalui https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id//
  2. Masukkan NIK, NISN, NPSN, dan alamat email yang aktif
  3. Sistem KIP kuliah akan melakukan validasi data NIK, NISN, NPSN, serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah.
  4. Jika validasi berhasil, maka peserta akan mendapatkan nomor pendaftaran dan kode akses.
  5. Siswa masuk ke situs KIP Kuliah Merdeka dengan memasukkan nomor pendaftaran dan kode akses untuk menyelesaikan pendaftaran.
  6. Pilih proses seleksi yang diikuti, baik itu SNBP/SNBT/mandiri.
  7. Peserta menyelesaikan proses pendaftaran di situs KIP Kuliah sesuai jalur seleksi yang dipilih.
  8. Peserta yang sudah dinyatakan diterima di perguruan tinggi, bisa melakukan verifikasi lebih lanjut ke kampus bersangkutan sebelum diusulkan ke Puslapdik sebagai penerima KIP Kuliah.


Tags:

Beasiswa